Tidak Hanya Adsense, Kini Facebook Juga Sudah Bisa Hasilkan Dollar

Jika selama ini pemilik konten terutama video hanya bisa mendapatkan pundi-pundi dolar melalui saluran YouTube, saat ini Facebook sudah bisa menjadi ladang baru bagi pemiik konten untuk mendapatkan uang. Saat ini jejaring sosial terbesar di dunia ini sedang melakukan uji coba bahkan sudah menerapkannya di beberpa negara terutama Amerika Serikat. Beberpa negara lain juga sudah bisa menjual video menariknya di laman Facebook milik mereka, Malaysia juga termasuk salah satu negara yang telah digarap.

Monetisasi pada Facebook
Facebook mempunyai layanan khusus untuk pengembang. Kita bisa menampilkan iklan native dari Facebook yang disesuaikan dengan tampilan serta konsep konten aslinya, miriplah dengan iklan Adsense milik Google, terkecuali jenis-jenis iklannya. Facebook menerapkan iklan berbasis perorangan. Audience Network adalah sebuah layanan milik facebook yang menempatkan iklan dari pengiklan ke dalam situs web dan aplikasi pihak ketiga.Seperti  pemilk aplikasi di Playstore ataupun website termasuk blog, penerbit Audience Network yang memenuhi syarat yang memiliki ketersediaan inventaris.Saat ini penerbit atau publisher dapat menyajikan iklan video yang relevan kepada semua orang di seluruh dunia, melalui perangkat seluler maupun desktop.

Baca Juga Dua Alternatif Penghasilan Blog Yang bisa Disandingkan Dengan Adsense

Lantas kapan Facebook Indonesia bisa menghasilkan uang bagi penggunanya? Rumor yang beredar Facebook akan secara resmi memulai monetisasi terhadap konten pada tahun 2019 mendatang, namun jika dilihat di akun Audience Network Facebook sepertinya sudah bisa dimulai mungkin sedang uji coba. Saya sudah mencoba mendaftar ke Audience Network Facebook dan sepertinya kita sudah bisa memonetise facebook kita terutama Laman Fan Page. Ada beberapa pilihan yang ditawarkan pihak Facebook untuk penggunanya mendapatkan dolar, yakni dengan memonetisasi akun facebook miliknya, aplikasi, games, video bahkan blog atau artikel instan selengkapnya bisa kunjungi Pusat Bantuan Publisher .

Dashboard Pengelola Monetisasi

Mengenai Syarat untuk memonetisasi sepertinya cukup sulit, karena ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi calon publisher iklan di Facebook Diantaranya adalah blog atau situs harus menerapkan SDK. padahal saat ini tidak semua blog telah menerapkan SDK yakni Software Development Kit pada pengembangan blognya. Jadi perangkat SDK ini digunakan untuk membuat software guna membuat paket tertentu.Namun bagi pemilik situs atau blog  yang sudah menerapkan SDK akan dengan mudah mengintegrasikan aplikasi atau situs web dengan Audience Network.

Meskipun pihak Facebook menyarankan penerapan SDK, bukan berarti tidak terbuka untuk yang lain. Karena di laman Audience Network ada beberpa pilihan monetisasi seperti Situs Web di Dekstop, Web Seluler, Aplikasi Android maupun Ios bahkan ada juga moneti khusus untuk Artikel Instan.Dan bila memeilkiki laman fanpage yang ramai bisa kok dimonetisasi. Syarat lainnya tentu saja harus memilki akun Pengelola Monetisasi agar kita dapat menguunakannya untuk memonetisasikonten-konten milik kita yang nantinya akan menghasilkan uang. Jadi ini merupakan salah satu alternatif selain AdSense atau platform iklan lainnya. Menegenai cara-cara memonetisasi silakan langsung kunjungi Pengelola Monetisasi.

Semoga bermanfaat dan terus berkreasi, yang penting jangan niatkan untuk duit hehehe.

Nur Muhammad Al Amin

Komentar

Postingan Populer