Qari Cilik Terbaik Indonesia Yang Mendunia

Youtube
Qari dalam bahasa Indonesia berarti pembaca al-quran, adalah orang yang melantunkan bacaan Al-Quran dengan mentaati aturan-aturan (tajwīd) yang benar. Dalam perkembangan Qari atau Qariah (untuk wanita) adalah para pembaca al quran yang biasanya ikut dalam sebuah perlombaan membaca ayat suci Al-quran baik di tingkat daerah, nasional bahkan internasional.

Menjadi seorang Qari nir harus menjadi seorang penghafal Al-quran. Dalam masyrakat Ada beberapa kesalahan generik yang menganggap qari haruslah menjadi ??Fi?(ah) atau penghafal Al-Quran terlebih dahulu. Seorang qari nir wajib sebagai penghafal Al-Quran, namun hanya menjadi pelantun bacaan Al-Quran yang menerapkan aturan dalam ilmu tajwid menggunakan benar. Namun, perkiraan umum itu sanggup sebagai benar lantaran kebanyakan seorang qari merupakan juga seseorang hafidz.

Di global perlombaan baca quran, yg biasa dikenal menggunakan nama Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ, sudah poly lahir qori maupun qorian terbaik pada dunia. Baik yang dewasa juga anak-anak. Kali ini saya akan membahas tentang qori-qori cilik terbaik pada dunia, yg diantaranya berasla menurut negeri kita sendiri Indonesia.

1. Muhammad Ihsan Ramadhan

Ihsan merupakan seseorang santri pada Pondok Pesantren Haqqotilawah pada Bogor. Pesantren ini diasuh oleh KH Ade Ahmad Farid, yang pula merupakan ayah dari Muhammad Ihsan sendiri. Prestasi qori kelas IV Sekolah Dasar ini terbilang luarbiasa. Baru-baru ini dia menyabet kampiun pertama dalam sebuah ajang Musabaqah Internasional di Doha, Qatar. Dia menjadi kampiun sehabis berhasil menyisihkan para peserta yg menurut dari 15 negara lain.

Prestasi Sebelumnya,merupakan pernah sebagai kampiun pada beberapa ajang seperti Juara 3 Murottal Putra STQ Jawa Barat 2017, Harapan 2 Tilawah Anak-anak STQ Nasional Kalimantan Utara 2017, Juara 2 Semesta Bertilawah MNC TV 2017.Tidak hanya itu beliau pula sebagai Juara 1 Tilawah Anak-anak MTQ Provinsi Jawa Barat 2018, Juara 1 Tilawah Anak-anak MTQ Nasional JQH NU Jabar 2018, Juara 3 Tilawah Anak-anak MTQ Nasional Medan Sumatera Utara 2018.

Dua. Syamsuri Firdaus

Syamsuri fidaus merupakan qori yang saat ini sudah berkiprah remaja . Syamsuri yang kelahiran Bima-NTB ini adalah kampiun qori nasional tahun 2012 kategori anak-anak pada MTW Nasional yg diselenggarakan pada kota Ambon-Maluku di tahun 2012 silam. Uniknya dia sebagai juara saat itu memakai berangkat seadanya tanpa dukungna bahkna dari pemerintah Kabupaten juga Provinsi. Dia hanya didampingi guru ngaji

Prestasi membanggakan lain dari qori kelahiran tahun 1999 ini adalah menjadi juara lomba baca quran tingkat internasional di Singapura pada tahun 2013. Sejak saat itulah nama Syamsuri semakin terkenal hingga saat ini. Banyak sekali  penggemarnya di seluruh indonesia Videonya juga banyak diputar di jejaring Youtube dan menjadi tontonan jutaan orang di seluruh dunia.

3. Nicky Permana dan Manarul Huda

Dua Qori cilik kebanggaan Indonesia ini menjadi juara tingkat MTQ nasiona pada tahun 2018di Banten. Kedua Qori ini sering tampil bersama atau duet dalam melantunkan Quran. Mereka sering di undang dalam berbagai kegiatan dd dalam maupun luar negeri. Video mereka juga banyak yang beredar di di Youtube maupun di jejaring sosial Facebook dan mendapat sambutan positif dari masyarakat, terbukti dengan video unggahn tersebut mendapat respon berupa like dan view mencapai jutaan kali. Manarul Huda merupakan penentu Banten dalam meraih juara umum MTQ tingkat nasional tahun 2016 di Mataram-NTB. Saat itu dia berumur 11 tahun dan duduk di kelas 5 Sekolah Dasar. Nicky Permana juga adalah qori berprestasi asal Banten menjadi juara di MTQ Nasional 2018 yang diselenggarakan di Kota Medan Sumatera Utara.

Semoga prestasi Qori2 cilik ini menjadi motivasi dan pembelajaran berharga bagi generasi muda untuk lebih mencintai Alqur'an sebagai pedoman hidup seorang muslim sejati, karena kalau generasi muda sudah mencintai Al qur'an niscaya dia akan mengenal Tuhannya. Amin

Nur Muhammad Al-Amin

Komentar

Postingan Populer